Mengenal Lebih Tentang Thibaut Courtois

Mengenal Lebih Tentang Thibaut Courtois

Mengenal Lebih Tentang Thibaut Courtois – Piala Eropa 2016 sudah tinggal menghitung bulan saja. Pertandingan bergengsi ini akan diadakan di Perancis pada tanggal 10 Juni hingga 10 Juli. Sampai saat ini belum ada daftar pemain resmi yang pasti akan diikutsertakan oleh setiap tim nasional, namun kita mungkin dapat memprediksinya dengan melihat performa pemain dalam klub mereka masing-masing. Untuk tim nasional Belgia, kandidat yang paling menjajikan untuk bermain pada posisi kiper adalah Thibaut Courtois. Pria yang memiliki nama lengkap Thibaut Nicolas Marc Courtois merupakan pesepak bola profesional yang bermain untuk klub sepak bola Inggris Chelsea dan juga tim nasional Belgia sebagai kiper atau penjaga gawang.

Thibaut Courtois sering disebut sebagai salah satu pemain kiper terbaik di dunia. Courtois mengawali karirnya bersama sebuah klub lokal Bilzen V.V., pada waktu itu ia belum bermain sebagai kiper namun bermain sebagai pemain belakang. Ketika ia bergabung dengan Racing Genk pada umur 7 tahun di tahun 1999, dia baru bermain sebagai kiper. Ketika bermain untuk Genk, Courtois banyak menorehkan prestasi dengan menunjukan kemampuannya yang maksimal. Dia merupaka pemain kunci yang membawa Genk menuju kemenangan meskipun itu adalah permainan debutnya. Courtois berhasil untuk mencatatkan namanya sebagai Goalkeeper of the Year atau pemain kiper terbaik dan juga Genk’s Player of the Year atau pemain Genk terbaik.

Pada tahun 2011, Thibaut Courtois bergabung dengan klub sepak bola bergengsi, Chelsea. Baru beberapa minggu bergabung dengan klub Chelsea, Courtois dikirim ke Atletico Madrid sebagai pemain pinjaman. Permainanya bersama Atletico Madrid sangat tidak mengecewakan dan bahkan mungkin membuat klub Chelsea menyesal telah meminjamkannya. Dalam permainan debutnya, ia berhasil untuk membantu Atletico Madrid untuk menang dengan memastikan tidak ada yang menjebol gawangnya, alhasil Atletico Madric mendang 4-0. Selama debutnya di La Liga juga, Courtois berhasil untuk menjaga gawangnya dari semua pencetak skor karena dia berhasil untuk melakukan “clean sheet” dalam enam pertandingan di La Liga.

Peminjaman Courtois terus berlanjut dan diperpanjang, namun sepertinya itu tidak menjadi masalah untuk Courtois karena ia terus menorehkan prestasi dan membantu Atletico Madrid meraih kemenangan. Pada tahun 2013 di pertandingan final Copa del Rey, Courtois mampu bermain dengan maksimal dan membawa Atletico Madrid menuju kemenangan dengan skor 2-1 melawan Real. Ini merupakan pertama kalinya untuk Atletico Madrid memenangkan pertandingan melawan Real setelah 14 tahun. Pada kesempatan itu juga, Courtois diberi penghargaan sebagai ‘Man of the Match’ atau pemain kunci pertandingan. Untuk performa Internasional Courtois, Courtois dapat mempertahankan enam “clean sheets” atau gawangnya bebas dari “jebolan” dari sepuluh pertandingan pada Piala Dunia 2012.

Dalam pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016, Courtois berhasil untuk membantu tim nasional Belgia untuk masuk ke putaran final. Keberhasilan tim nasional Belgia masuk ke babak final merupakan yang pertama sejak Piala Eropa tahun 2000. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Thibaut Courtois merupakan kandidat yang menjajikan untuk bermain di Piala Eropa 2016. Melihat kontribusinya pada tim nasional Belgia dan juga prestasi-prestasinya dalam klub Atletico Madrid dan Chelsea, membuatnya pantas untuk masuk didaratan pemain skuad Belgia yang akan bermain pada bulan Juni nanti dan juga dapat dipastikan bahwa Courtois akan berjuang untuk membawa tim nasional Belgia menuju kemenangan dan mencatatkan nama tim nasional Belgia sebagai pemenang Piala Eropa 2016.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *